In House Training (IHT) Ar Raihan Islamic High School TP 2017/2018 mengusung tema “Peningkatan Kualitas Kinerja Guru yang Aktif, Kreatif, dan Dirindukan Siswa.” dilaksanakan dalam tiga hari yaitu dari tanggal 3, 4, dan 6 Juli 2017. Kegiatan ini diikuti oleh tenaga pendidik baik yang bertugas di SMP IT Ar Raihan maupun di SMA IT Ar Raihan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga ini menghadirkan berbagai pemateri. Harapannya, melalui kegiatan ini peningkatan kualitas kinerja guru untuk melaksanakan pembelajaran tercapai. Guru dapat mengajar dengan baik dan menyenangkan, kreatif dan dekat dengan peserta didik. Salah satu langkah yang perlu dibangun adalah membangun interpersonal guru. Untuk itu, secara khusus Dr. Betty Nuraini dihadirkan dalam kegiatan ini sebagai pemateri.

Selain itu, turut hadir pula Dr. Gunadi Rusydi, M.Kom., Ketua Yayasan Lampung Cerdas, untuk memberikan pengarahan tentang pentingnya peningkatan mutu tenaga pendidik. Peningkatan mutu tersebut tidak hanya dibangun melalui soft skill tenaga pendidik saja, tetapi dibutuhkan kecermatan untuk melihat permasalahan yang terjadi selama ini. Lebih jauh lagi, Dr. Gunadi Rusydi M.Kom. mengajak jajaran tenaga pendidik dan kependidikan untuk melakukan analisis SWOT sesuai dengan tanggungjawab yang diampu selama ini.

Memasuki hari kedua In House Training para guru ditantang untuk membuat kreatifitas mengajar. Tidak hanya metode mengajar yang menjadi pembahasan pada sesi ini, para guru pun ditugaskan untuk membuat ice breaking yang langsung dipraktikkan. Dari kegiatan ini, guru memiliki referensi ice breaking yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Pada hari terakhir, panitia In House Training (IHT) menghadirkan Asep Ferdiansyah, M.Pd., instruktur K-13 Provinsi. Beliau memberikan training cara membuat soal dengan tipe HOTS (High Order Thinking Skills). Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Universitas Lampung ini berhasil mengasah kemampuan tenaga pendidik dalam menyusun soal tipe HOTS. Dibuktikan dengan pemaparan soal dalam sesi pleno oleh masing-masing rumpun mata pelajaran.

Diharapkan dari kegiatan ini tenaga pendidik dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam mengajar di Tahun Pelajaran 2017/2018.