Perpustakaan Ar Raihan Islamic High School bekerja sama dengan PT Penerbit Erlangga menyelenggarakan kegiatan Reading Day sebagai bentuk dukungan terhadap literasi nasional. Gerakan literasi nasional sendiri bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca di usia pelajar. Dengan minimal lima belas menit sehari, diharapkan peserta didik dapat menambah ilmu dan wawasan sekaligus media hiburan dari jenis buku apapun selain buku referensi pelajaran.

Kegiatan Reading Day ini bukanlah yang pertama kali. Melihat antusiasme peserta didik sangat tinggi terhadap bahan bacaan selain referensi pelajaran pada kegiatan Reading Day sebelumnya, maka kegiatan ini diselenggarakan untuk kedua kalinya. Bahan bacaan yang disediakan untuk Reading Day antara lain serial Ulysess Moore, cerita fiksi terkenal untuk anak dari seorang penulis Italia bernama Pierdomenico Baccalario, yang bergenre petualangan. Adapun buku bacaan lainnya adalah kisah nabi, serial pahlawan nasional, buku tips dan motivasi, dan masih banyak lagi.

Ar Raihan Islamic School berkomitmen untuk terus memperhatihan tumbuh kembang minat baca di kalangan peserta didik. Hal ini merupakan cerminan dari salah satu misi sekolah yaitu, “Menciptakan suasana pendidikan yang menyenangkan, kreatif, inofatif, dan berwawasan global.” Dengan adanya kegiatan Reading Day ini peserta didik mendapatkan pembelajaran sekaligus hiburan dengan cara yang menyenangkan.

Dalam kegiatan Reading Day bersama PT Penerbit Erlangga ini, selain diminta untuk membaca buku yang diminati, peserta didik juga belajar untuk menyampaikan kembali informasi yang didapat kepada peserta didik lain. Selain melatih kemampuan menyerap informasi, hal ini juga bertujuan melatih keberanian dan kepercayaan diri peserta didik untuk berbicara di hadapan orang banyak.