Market Day, Asah Kewirausahaan Siswa Ar Raihan

Market Day, Asah Kewirausahaan Siswa Ar Raihan

Administrator | Rabu, 24 September 2014 - 18:04:47 WIB | dibaca: 10842 pembacaPrint Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Bandarlampung-Suasana istirahat pertama di SMP-SMA IT Ar Raihan kali ini tampak berbeda. Pasalnya, Market Day berlangsung dan dilaksanakan para siswa SMA IT Ar Raihan Bandarlampung (16/9). Market day merupakan salah satu program dari matapelajaran Kewirausahaan yang dibimbing Veranita, S.Kom. Pelaksanaan kegiatan diadakan pada Senin (Kelas X Ibnu Rusy’), Selasa (Kelas XI Iskandariyah dan Kelas X Ibnu Sina), dan Kamis (Kelas X Damaskus).

Cukup banyak produk yang dijajakan para siswa. Mulai tahu isi ayam, es nutrisari, puding, sosis-nuget, roti bakar, vanila late, nutrijel coklat, hingga alat tulis. Market day bertujuan melatih jiwa usaha para siswa. Selain itu, ilmu yang diterapkan dalam market day ini meliputi bagaimana cara melayani pembeli, menyajikan produk, dan interaksi terhadap para pembeli. Tiap kelas dibentuk beberapa kelompok dagang yang nantinya mendiskusikan jenis produk yang dijual.

Salah satu peserta yang ditemui di sela-sela kesibukannya melayani pembeli, Salsa mengungkapkan keantusiasan dirinya terhadap kegiatan ini. “Kalau bisa, praktik dagang seperti ini harus tetap diadakan,” paparnya. “Bisa melatih jiwa usaha para siswa,” tambahnya. Siswa yang duduk di kelas XI ini pun menejelaskan, teknis penjualan dengan cara mengumpulkan modal bersama. Modal tersebut dibagi dua untuk membeli bahan-bahan, seperti kentang, nutrisari, es batu, cup es, dan lainnya. Kentang diolahnya dengan berbagai rasa dan dijual dengan harga Rp 3.000,-, sedangkan es nutrisari dengan harga Rp 5.000,-. Belum ada hitungan jam, produk yang dijualnya mampu mereguk keuntungan separuh dari modal awal.

Ditemui di tempat yang sama, Veranita, Guru Kewirausahaan, mengungkapkan kriteria penilaian siswa untuk kegiatan ini meliputi kerja sama 20%, etika 20%, penyajian 20%, dan pembuatan laporan kegiatan 40%. Guru yang ternyata memiliki usaha percetakan ini pun menambahkan, targetan selanjutnya dari kegaiatan ini, ke depannya para siswa berjualan kembali. Namun, dengan lokasi yang berbeda dari sebelumnya, yakni di luar wilayah SMP-SMA IT Ar Raihan.

Pihak SMA IT Ar Raihan amat mendukung kegiatan Market Day sebab banyak hal positif di dalamnya. Akan tetapi, masih terdapat kekuarangan teknis yang dimiliki siswa. “Para siswa masih minim masalah pengadministrasian jumlah uang masuk dan keluar,” jelas Kabid.Kurikulum, M.Farhan Syakur, S.Hum. Pihak sekolah mengakomodasi penyediaan tenda selama kegiatan berlangsung. Selain itu, pria lulusan UIN Malang ini pun memaparkan, terkait follow up market day yang akan dilaksanakan di luar sekolah, ia menyarankan agar penjualan dilakukan di PKOR yang sasaran pembelinya lebih beragam. Dan tiap penjualan di luar, cukup satu kelompok saja agar mudah dilakukan pengawasan dari pihak sekolah.

[]Desti   

 






Komentar via Facebook


Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)
 


Top
  • Algreen Teknologi