Kurikulum Nasional

SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung mengimplementasikan Kurikulum Nasional tahun 2013 (Kurtilas). Kurikulum SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung disusun dan dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kurikulum untuk menyusun program dan kegiatan pembelajaran yang terbaik.

Tahsin dan Tahfidz Alquran

Kegiatan tahsin dan tahfidz Alquran menjadi prioritas kegiatan unggulan SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung. Kegiatan ini meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Tahsin Alquran – dilaksanakan pada semester 1. Kegiatan tahsin Alquran bertujuan untuk menyamakan bacaan Alquran sesuai dengan standar bacaan. Metode yang digunakan adalah metode Utsmani.

  • Tahfidz Alquran – Peserta didik memiliki target hafalan yang sama. Disusun sesuai dengan jenjang masing-masing. Kegiatan Tahfidz dimulai pada semester 2 sampai semester 5, sedangkan semester 6 dikhususkan untuk murojaah. Tahfidz Alquran merupakan syarat kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik.

  • Takhoshush Tahfidz – Untuk mengakomodir peserta didik yang memiliki kemampuan dan kemauan lebih untuk menghafal. Program ini menarget peserta didik mampu menghafal 1 juz dalam 3 bulan. Peserta didik dapat mendaftarkan diri secara sukarela untuk mengikuti kegiatan takhosush ini.

Kepramukaan

Keterampilan dan kemandirian peserta didik diasah melalui kegiatan kepramukaan yang secara rutin dilaksanakan pada hari Jumat. Kegiatan kepramukaan ini melibatkan tenaga khusus (pembantu pelatih pebina) dan anggota Bantara. Kegiatan kepramukaan ini diikuti oleh peserta didik kelas 7 dan 8.

Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri dikemas dalam beberapa kegiatan. Diharapkan dari kegiatan ini peserta didik SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung memiliki kecakapan hidup yang terasah. Kegiatan pengembangan diri tersebut meliputi:

  • Bimbingan Konseling – Dibimbing oleh guru konselor yang memiliki kecakapan yang sangat baik. Konseling dilakukan secara berkala dan terprogram, baik yang dilakukan secara klasikal maupun personal.

  • Esktrakurikuler – Kegiatan pengembangan diri yang bersifat opsional yang meliputi kegiatan olahraga ataupun akademik. Dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 07.00-11.00 WIB.

  • Mentoring – Dalam rangka melatih kecakapan peserta didik dalam mengajarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki maka peserta didik SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung akan belajar untuk menjadi guru (peer teaching) di level kelas yang lebih rendah, baik dalam pendidikan formal maupun non-formal.